#(0362) 21424
banjarjawa2020@gmail.com
Kelurahan Banjar Jawa

KASI PEMERINTAHAN KELURAHAN BANJAR JAWA HADIRI RAKOR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BULELENG

Admin kelurahanbanjarjawa | 25 Agustus 2025 | 221 kali

Banjar Jawa (25/08/2025) Kasi Pemerintahan Kelurahan Banjar Jawa, Ni Luh Putu Sri Wahyuni, S.M bersama staf I Nyoman Agus Sudarma Artha, S.E menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Buleleng melalui Seksi Pemerintahan, bertempat di Aula Ruang Rapat Kantor Camat Buleleng.

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pelayanan di bidang Administrasi Kependudukan, khususnya terkait laporan data kependudukan di masing-masing Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Buleleng.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Buleleng, Gede Susena, S.E. yang hadir mewakili Camat Buleleng. Turut hadir pula narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buleleng, yaitu Kepala Subbagian Umum, Gede Sumitra, S.H., M.H. bersama Dewa Putu Eka Saputra, S.H. selaku Penata Layanan Operasional.

Dalam sambutannya, Gede Susena menegaskan pentingnya validitas laporan mutasi penduduk yang wajib disampaikan setiap bulan oleh masing-masing Desa dan Kelurahan ke pihak Kecamatan. Data tersebut mencakup penduduk pindah, datang, wajib KTP, meninggal dunia, maupun kelahiran, yang nantinya akan direkap oleh operator Kecamatan.

Sementara itu, narasumber dari Disdukcapil, Gede Sumitra, menekankan perlunya Desa/Kelurahan untuk melakukan pembaruan (update) dan validasi data kependudukan secara berkelanjutan, khususnya terhadap data penduduk yang sudah meninggal. Hal ini selaras dengan adanya Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Perbekel/Lurah dengan Disdukcapil, yang diharapkan dapat mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan langsung di tingkat Desa/Kelurahan.

Acara ditutup dengan sesi diskusi interaktif antara narasumber dan peserta. Rakor dihadiri oleh seluruh Lurah dan Perbekel se-Kecamatan Buleleng bersama Kasi Pemerintahan serta Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Melalui kegiatan ini, diharapkan tertib administrasi kependudukan dapat semakin optimal sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih cepat, akurat, dan transparan.